Cara Alami Menumbuhkan Rambut Bayi dengan Cepat

Di Indonesia, sebagian bayi yang baru lahir akan digunduli sampai plontos. Tidak ada alasan pasti yang membuat seorang ibu harus atau tidak harus menggunduli buah hatinya yang baru lahir. Akan tetapi, sebagian besar ibu menggunduli buah hatinya yang baru lahir sebelum usia menginjak 40 hari. Alasannya adalah Agar mudah ketika membersihkan kulit kepala, mudah untuk mendeteksi iritasi atau luka pada bayi, dan lain sebagainya. Akan tetapi, rambut bayi yang sudah plontos ini terkadang susah untuk tumbuh kembali. Kenapa rambut bayi susah tumbuh dan bagaimana cara menumbuhkan rambut buah hati kita? Simak saja ulasannya berikut ini.

Faktor Penyebab Rambut Bayi Susah Tumbuh dan Tips Menumbuhkan Rambut Bayi

Rambut buah hati yang susah tumbuh disebabkan oleh berbagai faktor. Setidaknya, ada dua faktor yang paling umum yang menyebabkan rambut buah hati kita susah tumbuh. Faktor tersebut adalah faktor genetik. Kemungkinan besar masalah tidak tumbuhnya rambut ini disebabkan oleh keturunan dari ayah atau ibu mereka. Apabila ayah atau ibu memiliki rambut tipis, kemungkinan besar anaknya juga akan demikian. Kenapa rambut bayi tumbuh tidak merata? Kemungkinan jawaban yang pertama adalah karena faktor genetik.

Faktor yang kedua adalah karena kurang gizi. Bayi yang kekurangan gizi akan mengalami berbagai masalah, di antaranya adalah masalah rambut yang tidak juga tumbuh. Hal ini mestinya bisa dihindari oleh para ibu.

  • Daun Seledri

    cara alami menumbuhkan rambut bayi menggunakan daun seledri

    cara alami menumbuhkan rambut bayi menggunakan daun seledri

Cara cepat menumbuhkan rambut bayi bisa dilakukan dengan cara-cara yang alami. Perawatan yang alami ini tidak berbahaya untuk sang buah hati sehingga sangat disarankan untuk dilakukan. Treatmen perawatan rambut si kecil yang pertama adalah perawatan menggunakan daun seledri. Daun seledri sudah sejak lama dipercaya dapat menebalkan rambut, terutama untuk rambut si kecil setelah digunduli. Cara menggunakan seledri sebagai bahan alami penumbuh rambut sangat mudah. Pertama, tumbuk atau blender daun seledri sampai halus. Setelah itu, gunakan ramuan ini pada rambut bayi yang masih gundul. Tunggu beberapa saat, dan bilas menggunakan air bersih.

  • Kemiri

    cara alami menumbuhkan rambut bayi menggunakan kemiri

    cara alami menumbuhkan rambut bayi menggunakan kemiri

Cara merawat rambut bayi agar hitam dan lebat selanjutnya adalah dengan menggunakan kemiri. Minyak kemiri atau mengaplikasikan kemiri secara langsung untuk rambut si kecil sama manfaatnya. Jika Anda ingin membuat ramuan kemiri sendiri, caranya pun sangat mudah. Pertama, siapkan beberapa butir kemiri kemudian sangrai sampai mengeluarkan minyak. Setelah itu, tumbuk sampai halus dan oleskan secara merata ke kepala bayi. Diamkan beberapa saat, lalu bilas hingga bersih.

  • Lidah Buaya

    cara alami menumbuhkan rambut bayi menggunakan lidah buaya

    cara alami menumbuhkan rambut bayi menggunakan lidah buaya

Cara yang terakhir adalah menggunakan lidah buaya. Kandungan dalam lidah buaya sudah terbukti secara klinis dapat menyehatkan rambut kepala, termasuk rambut buah hati. Caranya, ambil gel lidah buaya dan gosok-gosokkan ke kepala si kecil. Diamkan beberapa saat lalu bilas menggunakan air bersih.

Perawatan rambut bayi yang telah dijelaskan di atas bisa dilakukan beberapa kali dalam seminggu. Bahan-bahan alami tidak berbahaya bagi sang buah hati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *