Cara Merawat Rambut yang Dibleaching

Cara merawat rambut yang dibleaching tentunya sangat penting untuk diketahui. Sebab rambut adalah salah satu bagian dari tubuh yang harus senantiasa dijaga agar tetap sehat dan menawan. Namun untuk membuatnya semakin indah, banyak orang terutama kaum hawa yang mewarnai rambutnya. Jika Anda termasuk salah satunya, maka tentunya tahu bahwa perawatan rambut yang dibleaching adalah penting. Pasalnya, sebelum melakukan pewarnaan, pihak salon akan melakukan bleach menggunakan bahan kimia.

Bleaching adalah proses untuk mempermudah masuknya zat-zat kimia pewarna pada pigmen rambut. Proses ini juga akan menghilangkan lapisan kutikula pada rambut. Hal ini jelas saja akan merusak rambut karena mematikan pigmennya. Padahal fungsi dari pigmen ini adalah mengalirkan nutrisi yang diperoleh dari akar rambut ke batang serta ujung-ujung rambut. Rambut yang sudah rusak akibat proses bleach ini diantaranya adalah mudah rontok, kasar, tampak kusam, kering, bercabang, dan juga mudah patah. Lantas, bagaimana cara mengatasinya?

Inilah Cara Merawat Rambut yang Dibleaching

cara alami merawat rambut bleaching

cara alami merawat rambut bleaching

cara mudah merawat rambut bleaching

cara mudah merawat rambut bleaching

tips merawat rambut setelah di bleaching

tips merawat rambut setelah di bleaching

Warna rambut yang dibleaching memang terlihat bagus karena rambut dapat menyerap zat pewarna dengan baik. Hanya saja, dampak setelah di bleach tersebut bisa menyebabkan berbagai macam kerusakan rambut. Oleh karena itu, berikut ini akan diulas terkait tips merawat rambut yang rusak setelah dibleaching.

  1. Menggunakan minyak zaitun

Minyak zaitun memiliki kandungan yang bisa melembabkan dan memberi nutrisi pada rambut mulai dari akar hingga ke ujung-ujungnya. Selain kondisioner, gunakan juga minyak zaitun sebagai pelembab. Cara menggunakan minyak zaitun ini juga sangat mudah. Anda hanya perlu mengoleskan minyak zaitun pada semua bagian rambut termasuk kulit kepala dan diamkan selama 30 menit. Jika sudah, bersihkan dengan air dan shampo. Untuk hasil yang maksimal, Anda bisa menggunakan cara ini dua kali dalam seminggu. Cara ini juga sangat baik untuk rambut ombre yang juga rusak akibat bleaching.

  1. Menggunakan shampo dengan kandungan keratin

Cara merawat rambut yang di-bleaching selanjutnya adalah menggunakan shampo yang mengandung keratin. Sekedar informasi, keratin adalah protein yang berfungsi membentuk struktur komponen paling utama pada rambut. Pengaplikasian zat-zat kimia termasuk saat pewarnaan rambut menyebabkan keratin menjadi rusak. Oleh karena itu, Anda setidaknya harus melakukan perawatan dengan shampo yang mengandung keratin. Tak hanya itu, mengunakan hair dryer atau catok rambut juga bisa menyebabkan keratin rusak. Akibatnya, rambut menjadi kering, kusam, dan kasar.

  1. Masker rambut alami

Tips selanjutnya adalah menggunakan masker rambut alami. Rambut yang pernah di bleaching akan kehilangan banyak sekali nutrisi. Oleh karena itu, penerapan masker alami untuk rambut bisa menjadi solusi untuk memberikan kembali nutrisi pada rambut. Ada banyak bahan alami yang bisa digunakan sebagai masker rambut. Beberapa diantaranya adalah alpukat, pepaya, lemon, pisang, madu dan lain sebagainya. Dengan menggunakan masker alami secara teratur, rambut yang rusak perlahan akan mulai sehat kembali. Cara ini juga sangat baik untuk merawat rambut keriting gantung agar tetap sehat dan kuat.

  1. Menggunakan vitamin rambut

Cara merawat rambut yang rusak parah akibat bleaching selanjutnya adalah menambahkan vitamin pada rambut. Proses bleaching membuat nutrisi dan vitamin yang ada pada akar rambut terhambat dan tidak bisa mengalir ke bagian batang dan ujung rambut. Maka dari itu, penggunaan vitamin rambut dari luar adalah solusi terbaik untuk memberikan nutrisi pada rambut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *